Lomba Kelompok Tani Berprestasi

jagung

Pada Rabu (21/8) tampak keramaian di Balai Dusun Gobeh, Desa Bendung, Kecamatan Semin. Lantunan lagu dangdut khas Indonesia terdengar keras dari sejumlah speaker besar yang ditempatkan di sekeliling balai dusun, ditambah dengan tenda dan hiasan-hiasan yang terpasang rapi di depan balai serta warga yang sibuk lalu-lalang mempersiapkan kursi-kursi, suasana pagi itu terasa begitu dinamis. Segala persiapan yang sesungguhnya sudah dilakukan sejak sehari sebelumnya (20/8) ini adalah untuk menyambut tim verifikasi Lomba Kelompok Tani Berpretasi / Komunitas Jagung 2013 yang berasal dari pemerintah pusat di Jakarta.jagung3

Tahun 2013 ini, Kelompok Tani Ngudi Mulyo yang beroperasi di Dusun Gobeh kembali terdaftar sebagai peserta lomba setelah sebelumnya hanya berhasil menang sampai tingkat provinsi. Dengan dukungan penuh dari BPP dan Pemerintah Semin, anggota kelompok dibantu masyarakat dan sejumlah mahasiswa KKNP PPM UGM yang memang ditempatkan di Desa Bendung pun telah mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut kedatangan tim verifikasi.

Acara penyambutan dimulai pada pukul 11.00 WIB saat tim verifikasi akhirnya tiba di lokasi (Balai Dusun Gobeh). Sebelum memasuki balai, tampak anggota tim verifikasi asik melihat-lihat beberapa hasil produksi olahan jagung hasil karya warga Dusun Gobeh yang memang sengaja dipamerkan di stand-stand sederhana.

Setelah tim verifikasi dan tamu undangan lain menempatkan diri pada kursi yang sudah ditentukan, acara dilanjutkan dengan pembukaan dari Camat Semin. Beliau dengan bangga mengutarakan bahwa ladang jagung di Kecamatan Semin luasnya mencapai 3.000 Ha dan bahwa keunggulan petani-petani di Kecmatan Semin menjadikan kecamatan ini sebagai salah satu kecamatan pemasok jagung terbesar di Gunungkidul,

Seletah pembukaan oleh Bapak Camat, acara selanjutnya adalah pemutaran video profil Kelompok Tani Ngudi Mulyo hasil garapan mahasiswa KKN PPM UGM 2013. Kemudian disusul dengan laporan keadaan kelompok oleh ketua Kelompok Ngudi Mulyo, Bapak Supardi, dan ucapan terima kasih dari ketua tim verifikasi, Ibu Yayu, atas sambutan yang meriah serta tak terduga ini. “Biasanya kita¬†nggak disambut semeriah ini,” ujar Bu Yayu.Bapak Supardi

Acara kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi di mana anggota tim verifikasi akan melakukan tanya-jawab dengan anggota Kelompok Ngudi Mulyo untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan para petani yang tergabung dalam kelompok serta teknik dan alat pertanian apa saja yang digunakan. Hal ini penting untuk mengetahui kualitas dari kelompok tani yang bersangkutan.

Seusai verifikasi, makanan yang disajikan dalam box sederhana pun dibagikan pada seluruh tamu dan warga yang datang. Sambil diiringi lantunan lagu-lagu campur sari dan langgam yang dilantunkan seorang penyanyi berpakaian tradisional Jawa, suasana makan siang kali itu terasa menyenangkan.

Setelah santap siang, rangkaian acara pun ditutup oleh Bu Yayu yang turut mendoakan kemenangan Kelompok Tani Ngudi Mulyo dan oleh Kepala Dinas Pangan dan Hortikultura Gunungkidul yang kembali memberi penekanan tentang keunggulan SDM petani yang dimiliki Gunungkidul terutama di Kecamatan Semin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s